Anda bisa membuat pesawat jatuh

You may also like...

126 Responses

  1. Louetta Henny Nyo says:

    Thanks buat informasi berharga ini…
    Selama ini saya tau bahwa selama di dalam pesawat dilarang mengaktifkan hp karena alasan keselamatan penumpang pesawat… Tapi baru sekarang saya tahu lebih jelas mengapa hal tsb tidak diperbolehkan….Thanks again ya…
    GBU ๐Ÿ™‚

  2. dj jawir says:

    Nais inpo Om..

    Saya pernah dapet pengalaman cukup mengesalkan.. Pada saat saya mau dinas ke manado, saya naik pesawat L**n. Dari Jakarta, semua penunpang sudah masuk dalam pesawat, di seberang saya ada nenek” tampak sedang mengintip sesuatu di dalam tasnya.. Ternyata apa ?!? Sebuah hp merk N*ki* 5110 (hp retro) masih dalam kondisi menyala. Ingin rasanya saya menegur, tp apa daya.. Takut saya malah marah” sama orang tua.. Akhirnya saya simpan sendiri. Sambil dalam hati saya sempet bersumpah. Kalo pesawat ini jatuh.. Saya akan mengejar nenek” itu sampe kiamat.. Hehehe..

  3. Benny Yang says:

    Saya kadang sedih plus geram dgn kelakuan beberapa manusia (entah dia merasa gak)sering kita temui penumpang pesawat yg dgn gaya seperti jagoan mengutak atik HP didalam pesawat yg sedang terbang.seakan akan dia saja yg pny HP, org lain gak punya atau se-akan2 dia saja yg beli tiket pesawat dan org lain numpang.gmn cara nya buat sadarin orang seperti itu?

  4. christy says:

    Thx bgt udh ngepost blog ini. Saya jg sering kesal menemui byk org dewasa yg tdk peduli akan peraturan untuk mematikan ponsel saat naik pesawat, padahal apa susahny mematikan ponsel untuk beberapa jam demi keselamatan diri sendiri. Bahkan saya sering mendengar suara ponsel di nyalakan di dalam pesawat sblm pesawat bnr2 berhenti, padahal sdh ada peringatan dari pramugari untuk menyalakan ponsel setelah tiba di terminal. Sy berharap dr blog ini akan lbh byk lg yg sdr akan bahaya menyalakan ponsel dlm pesawat.

  5. nurul says:

    Thx 4 d information that I have known detaily now, well 4 me, bout d passangers who told in that news, I think they did it coz actually they didn’t know exactly bout d reason, we realize that not all d passangers have enought knowledge about that,many of them who seldom or maybe in first time became passanger.in other case almost all indonesia flight only gave prohibitions but didn’t tell d reason. So my suggestion is d crew should give simple n enought explanation in front of d passangers after they demonstrate bout d savety or they can show on d TV screen in that plane.

  6. karina says:

    Oh my god! Tq banget orang yg ngrim ke sini! Siapa pun dia dan laki ato perempuan aq bilang tqqq ‘GBU’

  7. wirianto says:

    Thx bgt buat info berharganya. Two Thumb Up.

  8. rachel says:

    Klo ponsel d flight mode ato di ponsel nokia biasa didapati istilah off line tetep akan menganggu tdk?
    Krn penerbangan di indonesia kurang memiliki hiburan slm masa perjalanan,jd apabila sy offline kan,sy masi bisa mendengarkan musik
    Tanpa mengeluarkan sinyal apapun..
    Klo yg kasus itu aman tdk?
    Trims buat infonya..keren gan..

  9. kang Hendro says:

    betul sekali’ banyak org2 yg terlalu egois & naif dlm menggunakan HP terutama utk org2 indonesia,, yg mengaku org pintar tapi sbnrnya Bodoh & Sombong!!!

  10. donna says:

    terimakasih atas infonya..
    akhirnya saya tahu alasannya knp tdk blh mengaktifkan ponsel (sebelumnya,saya sempet sebel dgn larangan itu,tpi saya tdk melanggar jg kok,hehehe)

  11. Agung W says:

    Boleh dicopy-paste tulisan ini ga? ๐Ÿ˜€ buat disebar, bermanfaat soalnya ๐Ÿ˜€

  12. Ade S says:

    Great writing ! Menurut saya sih banyak penumpang dan pengguna HP yg kampungan aja. Sok penting shg mereka perlu on line. I don’t think nobody that important
    to turn on cell phone while it against regulation. Everything shall wait for our safety !

  13. katya says:

    thx bnget buat info nya.. boleh di copy ngak? buat notes di FB.. ?

  14. dina says:

    Info ini sangat bermanfaat sekali..saya seringkali menemukan orang2 yang “bodoh” itu ketika berada didalam pesawat.
    Padahal sebelum take off pun pramugari sdh memberikan peringatan utk mematikan handphone..pura2 bego atau tuli ya org2 “bodoh” itu??
    Lebih baik informasi ini disebarluaskan biar masyarakat indonesia TAHU betapa PENTINGNYA mematikan handphone pd saat berada di pesawat.
    Bete aja liat org2 Indonesia yg berpendidikan tinggi berkehidupan high class tapi naik pesawat masih kampungan..
    Hehhe..

  15. Nicholaus Phang says:

    nice info gan.
    thx.

  16. Chris says:

    Very2 nc, gud inpho gan…….
    Minta ijin copy paste yach, penting bgt neh…
    Sukses n Godblezz!!

  17. aleandro corleone says:

    Nigga please, even 10 phones over a smallest boeing can’t harm a plane. Get your fact straight.

  18. David Lee says:

    Penjelasan yg bgs n mendetail! Thank.
    Aq py kisah nh…..
    Dl waktu dr penang mau blk ke medan. Aq pernah nh adu mulut dgn org yg egois, bebal n degil of the bandel gr2 aq srh mematikan hp di pesawat n tetap ngotot jd org penting. So moga2 th org bc this note. 2 thumb for this note……

  19. Pao says:

    Very Good info. Semoga post anda dibaca dan yang lebih penting, bisa terpikirkan baik2 oleh orang2 high class tadi. ^^

  20. qazvin says:

    Saya bekerja disalah satu airlines,sepengetahuan saya sinyal frekuensi handphone dan frekuensi pada pesawat itu jauh berbeda,dan jangkauan sinyal handphone hanya terjangkau sampai ketinggian 5000ft (vertikal). Saya hanya mencoba untuk berbagi informasi,bukan untuk ‘berdebat’ tentang masalah ini,tapi sekali lagi untuk nara sumber,saya berterima kasih sekali atas info tersebut diatas.

  21. ockta says:

    Kalo pake bb gmn matiinnya ya?
    Apa cukup dimatikan network servicenya aja atau…?

  22. achoy says:

    Saya suka ama comment diatas,sebagai flight attendant saya sangat mengharagai tulisan diatas,bagus sekali ada kesadaran ttg keselamatan penerbangan,sayang sekali org ind masih kurang concern thdp hal tsb diatas,tp knp org indo klw berada di luar Negaranya sangat mematuhi peraturan setempat?? Klw di negaranya sendiri mrk tdk pernah maw mengikutinya?? Org kita terkenal dh jago kandangnya… Harapan saya semoga aja akan cpt berubah habit and behave org2 kita… Tks

  23. ichie says:

    Thx for the info…
    Mmg selama ini gw slalu matiin hp..
    Tp mau nanya, gmn klo hp tipe blackberry?
    Yg ada flight modenya gt…
    Apakah ttp ga blh?
    Kalau flight mode signalnya kan ga ada…
    Comment pls ^^

  24. Oke, silahkan disebarluaskan,, demi keselamatan bersama ๐Ÿ™‚

    Itulah uniknya Indonesia, kalau kita naik pesawat, selalu diingatkan untuk menggunakan sabuk pengaman sementara untuk handphone, tidak ada peringatan tegas ๐Ÿ™‚

    Jadi semoga info ini bisa bermanfaat ๐Ÿ™‚

  25. Thanks for your info, untuk keselamatan bersama mohon ijin untuk copy paste ke website dan facebook saya.

    Moonlightnings HID Xenon, untuk keselamatan dan kenyamanan anda berkendara dimalam hari.

  26. bara soegomo says:

    Info yg sangat berharga untuk kaum yg intelek. Tetapi dewasa ini banyak sekali orang yang tidak bisa berbahasa indonesia denagn baik, sehingga sulit bagi mereka untuk mengerti peraturan demi peraturan, seakan akan mereka lebih mengerti peraturan dibandingkan dengan yg lain, tidak jarang perilaku ini dapat kita perhatikan dikehidupan sehari hari. Tidak hanya dipesawat.. Mungkin saya berpendapat aga diluar konteks. Tapi bagaimana kita mau maju kedepan. Bila keadaan masyarakatnya tidak sepadan, dengan kemajuan tekhnologi yang ada? Thx u.

  27. wirless says:

    Seharusnya dibuat peraturan
    Awak pesawat menyalakan handphone dan perangkat elektronik
    Yang mengganggu navigasi pesawat
    Merupakan pelanggaran hukum dan ditegakkan sanksi

  28. Budi says:

    Thnx infonya sngt brmanfaat,,, minta ijin copy paste ya….
    Thnx ,…

  29. Ibnu The Gorgom says:

    GUe cuplik dari artikelnya si Juragan yang “pinter” :

    …………………….
    (pas ngomongin orang Jerman) kemudian dia bercerita bahwa dia adalah manager salah satu perusahaan industri, dimana dia adalah supervisor khusus mesin turbin. Saat dia melaksanakan tugasnya tiba-tiba mesin turbin mati, setelah diselidiki ternyata ada salah satu petugas sedang menggunaka HP didalam
    ruangan mesin turbin.
    ……………………….
    Pesawat Crossair dengan nomor penerbangan LX498 baru saja โ€œtake-offโ€ dari bandara Zurich , Swiss. Sebentar kemudian pesawat menukik jatuh. Sepuluh penumpangnya tewas. Penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.

    Sebuah pesawat Slovenia Air dalam penerbangan menuju Sarajevo melakukan pendaratan darurat karena sistem alarm di kokpit penerbang terus meraung-raung. Ternyata,sebuah ponsel di dalam kopor dibagasi lupa dimatikan, dan menyebabkan gangguan terhadap sistem navigasi.

    Boeing 747 Qantas tiba-tiba miring ke satu sisi dan mendaki lagi setinggi 700 kaki justru ketika sedang โ€œfinal approachโ€ untuk โ€œlandingโ€ di bandara Heathrow, London.
    Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD
    player, dan electronic game masing-masing (The Australian post, 23-9-1998).

    …………………………

    Ini sebenarnya yang bodoh itu orang Indonesia apa orang luar negri, Gan? Penulisnya sok pinter nih, padahal bikin artikel aja nggak sinkron ๐Ÿ˜›

    Satu lagi yang saya nggak suka dari Bahasanya :

    “Rakyat kita ini memang High class..
    Handphonenya Mahal, Transportasi pake pesawat. Tapi bodohnya gak ketulungan. ”

    Yang bodoh orang luar negri, kenapa yang lu maki orang sini? Lagian lu pinter amat bisa menggeneralisir kayak gitu, emang lu udah kenal sama semua rakyat Indonesia? Sok Pinter lu, Om.

    Gak usah marah, inget freedom of speech, soalnya gue juga tersinggung ama artikel Lu.

  30. grery says:

    thnkz kk info ny…..
    tapi saya boleh bertanya ?? apakah handphone yang dalam modus Offline masih boleh dihidupkan saat pesayat sudah take off ???
    karena saya kemaren barusaja bersama orang yang melakukan hal demikian …….

    mohon tanggapannya

  31. bima says:

    Thanks tuk infonya..sy sblmny tdk tau klo hp bs sebahaya itu, setau sy dulu hp hanya mengganggu sistem navigasi pesawt..harusnya pihak bandara ataupun pihak airlines lebih mensosialisasikan lg tntng hal ini kpd para penumpang

  32. fiji edward says:

    Terima kasih, informasi ini sangat berharga sekali, dinegara kita yg saat ini sering terjadi kecelakaan pesawat.. Dengan membuat tulisan ini, anda sudah menyelamatkan banyak orang, sekali lagi terima ksih.

  33. Nana says:

    Thank u bangetttt infonya. Tadinya aku cuman tau bahwa signal hp bisa mengganggu navigasi dan koneksi radio ke tower, baru kali ini aku tau kalo bisa menyebabkan matinya turbin. Dengan resiko sebesar ini, mestinya pihak maskapal menyebutkan resikonya kalo menghidupkan hp di pesawat sebelum pesawat diterbangkan. Jadi biar semua penumpang takut menghidupkan hpnya selama penerbangan. Biar tidak ada yg ngeyel lagi..

  34. Ibnu The Gorgom says:

    @ Grery :

    Kalo melihat kalimat ini :
    “Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD
    player, dan electronic game masing-masing (The Australian post, 23-9-1998).”

    Kayaknya meskipun Offline, tetep nggak boleh dinyalakan.

  35. aritea says:

    Yth bapak/ibu yg telah peduli terhadap keselamatan penerbangan, sy sangat salut dan bangga atas kepedulian anda, namun informasi terhadap masyarakat awam harus yg sebenarnya, sepengetahuan sy… Pabrik mesin pesawat (boing, air bus, dll) sudah memikirkan tentang safety mesin terhadap segala sesuatunya, jadi sangat ironis sistem ignition engine pesawat terganggu oleh freq. Celluler phone, bagaimana dg pesawat pribadi? Barangkali penggunaan HP dipesawat tdk diperkenankan dikarenakan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya dan alasan mengganggu keselamatan karena saat ada intruksi dr cabin crew tdk terdengar karena ada bunyi atau sedang menggunakan hp, demikian… Mhn informasi yg benar dikeluarkan oleh institusi yg kompeten… Salam BB

  36. galuh caryandra says:

    4 thumbs up… Skrg sy bs dgn PD
    Menegur org2 yg suka poto2 narsis di dlm pesawat, pdhl pesawatnya
    Lg boarding….

  37. rio evert says:

    Thanks 4 the info. Sebaiknya pemerintah membuat mempertegas larangan keras mengaktifkan barang elektronik spt hp, komputer, game console, dsb dengan hukuman sanksi pidana seberat mungkin. Tapi aturan tersebut juga harus ditambahkan penjelasan ttg barang elektronik apa saja yg boleh dinyalakan/solusi lainnya, karena ada sebagian orang yg kondisi tubuhnya akan menurun karena duduk & berdiam lama di dalam pesawat. Thx

  38. Bayu says:

    Tulisan bagus.. Tapi saya agak terganggu denga pernyataan bahwa hanya bangsa kita yang bodoh, padahal kecelakaan pesawat tidak hanya di Indonesia saja.. Anyway Good article ๐Ÿ™‚

  39. iwank says:

    Info sangat berharga,makasih ya…seharusnya d bandara d lakukan sosialisasi mengenai bahay Hp aktif saat d pesawat, klo pramugari nya biasa cuma bilang akan mengganggu sistem navigasi pesawat bukan ada bahaya yg lebih fatal seperti turbin akan mati,jd mungkin bkn sepenuhnya salah penumpang juga.

  40. rommy says:

    Knp pswt yg katanya canggih peralatannya kok gak bisa meredam sinyal HP ya? Sy gak trlalu yakin kalo HANYA sinyal hp yg bikin jatuh or eror systim pswt, pasti ada hal lainnya..sy SANGAT sepakat bahwa HP dlm pswt hrs dimatikan krn membuat tidak nyaman orang lain..

  41. sinva says:

    Thx bgt infonya,, emang susah bgt ngatur orang2 yg suka ga peduli sama keselamatan dirinya sendiri dan orang lain!!!

  42. hadi says:

    Setahu saya, tidak ada frekwensi/signal HP yg bisa mempengaruhi kerja mekanis sebuah mesin. Sampai saat ini. Biasanya yg dikhawatirkan adalah interferensi gelombang dgn peralatan elektronik pesawat yg mengeluarkan/menangkap frekwensi guna keperluan radar, penghubung dgn menara kontrol dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Karena mengapa ? Pesawat terbaru dari Emirates Airways bahkan sudah melengkapi pesawatnya dgn peralatan telepon yg bisa digunakan selama perjalanan. Artinya kita dapat bertelepon ria dari atas langit.

  43. AL says:

    Thanks for the info – definetely valuable. A few things need to be clarified. I have a background in IT & Telecommunication.

    1. Cell Phone frequency is very different with the navigation used in airplane. Very unlikely of interference.

    2. CD & other electronic devices might affect instrumentation – only in a very specific condition.

    3. BTS is an antenna that angled downward, not upward. There is no way you can use your cell phone uphigh. Inflight phone uses a different technology.

    You might want to counsel some one with Electrical Engineering degree or Telecommunication background about what I said.

    I wouldn’t try to connect what happened in 1 incidents to another (the Garuda in Polonia case). The evidence are not enough.

    Nevertheless, you have created awareness – that’s all that matters. Thank you again yah. Should you need to contact me, you have my email.

    Regards,
    AL

  44. martha says:

    Saya suka stress apabila saat take off atau landing mendengar bunyi handphone. Atau saat diudara ada penumpang yg dengan tenangnya ber-sms-ria, sudah saatnya maskapai penerbangan lebih tegas memberlakukan aturan ini. Jangan takut untuk menegur atau menyita hp (kalau perlu) untuk menertibkan penumpang. Toh semua ini bukan untuk kepentingan pribadi tapi untuk keselamatan bersama.

  45. knup says:

    Skrg percuma jg sekalipun kita bicara ttg dampak yg bs diakibatkan oleh sebuah cellphone pada saat penerbangan. Selama ini maskapai pun hanya menganjurkan para penumpang untuk menonaktifkan cellphone dengan alasan “mengganggu jalannya penerbangan” tapi apa pernah diberitahukan secara rinci bahwa mengaktifkan cell phone akan mengakibatkan Arah terbang melenceng, Indikator HSI (Horizontal Situation Indicator)terganggu , Gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar, Gangguan sistem navigasi,Gangguan frekuensi komunikasi, Gangguan indikator bahan bakar, Gangguan sistem kemudi otomatis, dsb. Penumpang tidak akan tahu kalau tidak diberitahu demikian, itu adalah kewajiban pihak maskapai, apa kira2 orang awam seperti kita bisa tahu efek dari diaktifkannya cellphone kl tidak baca di surat kabar, atau blog seperti ini misalnya. Kenapa tidak sekalian ditempel di dinding kabin pesawat saja tentang gangguan-gangguan penerbangan yang bisa ditimbulkan oleh cellphone. Seperti kita tahu karakter masyarakat Indonesia, mereka selalu menganggap enteng untuk segala hal. Apalagi kalau yang ada hanya anjuran untuk mematikan cellphone supaya tidak mengganggu jalannya penerbangan.

  46. tom says:

    Thanks a lot…

    memang sepele tapi taruhannya nyawa…
    moga-moga penumpang pesawat semua sadar akan hal ini…

  47. Luisa Martha says:

    Ada baiknya informasi diatas ditaruh di semua pesawat, seperti panduan penggunaan jaket pelampung, sehingga semua penumpang dapat membacanya… daripada hanya melihat katalog barang atau majalah, lebih baik sekali para penumpang membaca informasi tersebut…
    Info yg sangat berguna…

  48. lani says:

    Terimakasih atas info nya, saran saya agar lbh ada kerjasama antar penumpang dgn pramugrari u/menghindari kecelakaan pesawat terbang.mungkin masi byk org yg tdk tau akan bahaya menggunakan ponsel dipesawat.jd perlu sosialisasi,atau imbauan dr pihak maskapai u/menghindari kejadian yg tdk diinginkan.

  49. LiA says:

    Bener banget tuh, Mas.. Tapi kenapa ya susah dibilangin orang2? *Dari bangsa manapun pasti ada orang dableknya*. Intinya apa yg kita tahu untuk kepentingan bersama sdh sewajarnya kita sebarluasakan/bagi kepada orang2 di sekitar :).

  50. Saya pramugari Garuda, Pilot yg menerbangkan ke YGT trsbt Kapt.Marwoto Komar yg NOTABENE oom saya. Sampai saat ini, beliu tdk bs terbang krn hukum dan tdk akan bs terbang!!
    Thx for sharing with this letter,
    Hope it can be working sucsessfully!!

  51. arga says:

    Apakah anda yakin penguna hape di pesawat cuman penumpangnya aja? Bagaimana dengan awak cabin dan cockpit? Apa mereka benar2 tidak mengunakan hape selama ada dipesawat?

  52. elisabeth says:

    @romy steven: trima kasih sudah menulis artikel seperti ini, saya kaget juga melihat begitu banyaknya orang yg blm tahu apa sebabnya peralatan elektronik terutama HP tidak boleh dinyalakan selama masih berada dalam cabin pesawat, terutama pada saat take-off & landing.
    bagi yg belum tahu maupun yg sudah tahu, mungkin bisa membantu menyebarkan info ini, karena bukan saja demi keselamatan bersama, melainkan juga bagi keselamatan nyawa sendiri.
    Di beberapa pesawat seri baru, sekarang ini sudah diperbolehkan menyalakan peralatan elektronik seperti Laptop, bahkan sudah ada yg bisa internet-an selama terbang (tp ini belum umum loh! hanya pesawat tertentu), kalau CD player, MP3 maupun video game, setahu saya yg benar2 dilarang untuk dinyalakan adalah saat Take off & Landing, kalau selama sudah berada si atas tolong kalau mau menyalakan lebih baik ditanyakan dahulu kepada steward & stewardess yg bertugas, karena lain tipe pesawat, lain kemampuannya.
    Tapi kalau HP, TIDAK BOLEH SAMA SEKALI! bahkan konon Flight mode pun masih mengeluarkan signal yg dapat mengganggu, jadi sebaiknya dimatikan sama sekali, bahkan setelah pesawat mendarat sekalipun, & baru boleh dinyalakan setelah berada DI LUAR pesawat.
    Apabila anda sedang sial berada 1 pesawat dengan orang2 yg menyalakan HP selama masih berada di dalam pesawat, anda berhak menegurnya!!! demi keselamatan semua & demi kesadaran org tersebut. Apabila anda merasa sungkan, laporkanlah kepada steward atau stewardess yg bertugas, minta mereka untuk menegur.
    Saya pribadi sudah berkali2 menegur org2 semacam itu, yg menakjubkan adalah, biasanya mereka adalah yg berpakaian kereeeennn, dengan Smartphone terbaruuu, bicara pun tentang bisnis, keras2 lagi! (mungkin biar org2 denger kali ya?!)
    Saya setuju dengan penulis, memang orang Indonesia, kalau soal gaya merupakan salah 1 juara dunia, sdh terkenal kok dimana2 hehe. kalau mau sekedar gaya sih tidak masalah, yg menjadi masalah adalah, banyak orang yg ‘gede’ gaya tapi tidak disertai dengan etika & otak!!!!
    Saya salut bagi yg mau belajar & mencari info, jadi sekarang kita sebarkan info yg sudah kita dapatkan, itung2 mencerdaskan bangsa hehehehe.
    @Ibnu the Gorgom : permisi, mau komentar yaaaa.
    Anda lihat tdk, artikel yg dikutip sebagai contoh itu tahun berapa? Ya, 1998, yang berarti hampir 12 tahun yg lalu.
    Jadi 12 tahun yg lalu itu , mereka kecelakaan karena hal yg sama yg masih dilakukan org2 INDONESIA sampai tahun 2010!!!!
    Bedanya adalah, kecelakaan2 pesawat di luar negeri, biasanya terungkap dengan jujur, apa saja yg menjadi penyebabnya, yg bisa dijadikan contoh yg tidak perlu terulang lagi oleh org lain.
    Kalau di Indo, kayanya lebih banyak kasus kecelakaan ‘abu2’ dan tidak jelas apakah penyebab sebenarnya.
    Saya yakin maksud penulis adalah sekedar untuk mencerdaskan masyarakat & menyadarkan bahaya penggunaan HP dalam pesawat. kebetulan yg bisa dijadikan contoh dengan fakta2 yg jelas adalah kasus2 di luar negeri.
    Jadi bukan membodoh2kan bangsa sendiri tapi tidak relevan dengan artikel contoh.
    Coba anda lihat statistik kecelakaan pesawat di seluruh dunia dalam 5 tahun terahkir, Indonesia menyumbang cukup banyak loh!
    Sangat disayangkan, orang2 seperti anda-lah yg dapat merupakan hambatan kemajuan bangsa ini, ada penulis yg berniat baik membagi pengetahuannya demi keselamatan bersama, tapi yg anda pikirkan hanyalah sakit hati karena bangsa kita dibilang bodoh (padahal yg jadi contoh adalah org2 luar negeri, (YANG MELAKUKAN KESALAHAN 1 DEKADE YG LALU!!!!!! yg masih tetap dilakukan bangsa kita sampai sekarang. HALOOOOO!!!)
    Tolong jadi org jangan terlalu sensitif, jangan gampang tersinggung, tolong lihat permasalahan dengan lebih jernih! jangan mudah terprovokator oleh hal2 kecil.
    Saya akan memberikan fakta kepada anda, saya kadang berpergian menggunakan pesawat, satu2nya benua yg belum saya injak hanya Afrika, selama ini saya berpergian, satu2nya negara yg begitu pesawat mendarat & langsung terdengar bunyi HP2 dinyalakan hanya di INDONESIA!!! atau penerbangan yg berasal dari INDONESIA!!!! SAYA MALU!!!!! kenapa org Indonesia masih kurang memiliki kesadaran terhadap hal ini… (yg sial adalah penumpang yg berada di dekat saya & kena saya tegur hehehe). Belum lagi tidak mau antri saat keluar pesawat, mau menang sendiri, maunya menyerobot saja, saya cuma bisa menggelengkan kepala saja.
    Jadi maaf kalau saya berkomentar seperti ini kepada Ibnu, saya hanya meminta kepada anda, tolonglah jangan mudah tersinggung, tapi ambillah inti dari artikel ini. Kita semua orang Indonesia, alangkah bahagia apabila kita bisa belajar dari kesalahan2 yg sudah ada & bisa menjadi bangsa yg lebih baik lagi.
    Terima kasih.

  53. Kodir says:

    Harusnya FA nya tambah satu yaitu satpam. Kalo pax tetep ngeyel-sureyel pentung jaa !

  54. Sandra Prasetyo says:

    Thank you so much it’s very useful. I feel very horrible if I remember how we became so annoyed when they told me to turn off the cellphone but now we know the reason why, we could endanger other people life also ourselves. Thanks again!!!!

  55. Weni says:

    Ijin copy paste yaa…Terima kasih

  56. linda says:

    Adik saya pramugari tetapi dia blg, itu hanya formalitas saya,pada knyataannya di dalam pesawat para pramugari lion sudah biasa menggunakan hp. Saya pun beberapa kali menelfon dia dan terima tlf dr dia saat dia sedang on duty di dlm pesawat. Weaktu saya tanya dia blg, dr senior2nya pun cuek saja menggunakan hp d pesawat. Saya jd makin heran.

  57. MikeImbar says:

    Info yang sangat2 penting. Saya juga suka sebel kalo di dalam pesawat ada orang2 hi-class tapi kelakuannya low-class banget sama ponsel. Bagusnya cuplikan video/gambar kecelakaan pesawat akibat ponsel ditayangkan di airport2 seluruh Indonesia untuk kepentingan bersama. GBus..

  58. LuiS says:

    @ibnu the gorgom : yg marah berarti ngerasa bego tuuh..haha.
    Eits,Om,Gak usah marah, inget freedom of speech ๐Ÿ˜€

  59. Mursito says:

    Artikel di atas adalah HOAX, tidak benar sama sekali…

    HP tidak berpengaruh terhadap instrument pesawat.

    Kombinasi HP Model Kuno dan Pesawat Jaman dulu, memang ada sedikit gangguan pada instrument pesawat.

    ALASAN dilarangnya penggunaan HP saat ini adalah: 1. Kenyamanan penumpang (bayangkan di dalam pesawat, banyak yg teriak teriak, ngobrol dan bunyi HP)
    2. BISNIS (Perusahaan Penerbangan juga menjual Fasilitas Telpon, jika HP bisa dan diperbolehkan,maka Telpon mereka tidak laku
    3. PERATURAN Larangan penggunaan HP, hanya dianjurkan pada Perusahaan Penerbangan Komersil (Tidak berlaku pada pesawat pesawat pribadi)

    Selain itu, Anda juga TIDAK AKAN mendapat signal yg baik, saat dalam penerbangan.

    JIKA HP memang sedemikian BERBAHAYAnya.. lalu mengapa diperbolehkan dibawa ke kabin pesawat.. bukankah selayaknya dikatagorikan sebagai barang berbahaya dan harus dititipkan ke SECURITY?

    Terima Kasih.

  60. james qyut says:

    @ibnu the gorgom : jgn begitu ah,ini artikel bagus kok banyak manfaatnya,lebih baik anda komentar yg mendorong kesadaran dan kecerdasan bangsa ini,yg memang (tnpa maxud melecehkan bangsa sendiri)bangsa qt masih sangat terbelakang pemikirannya kalo ga mau disebut otak mati! Sy pernah lihat di bandung ada bule dah tua suami istri nyebrang jalan di zebra cross and supir angkot tetep ga mau ngasih jalan,si sopir malah tancap gas mau duluan lewat sampe akhirnya tuh bule ketabrak di atas zebra cross!! Jadi qt harus terima kalo bangsa qt memang masih primitif,maklum selama 350thn dijajah sama bule belanda yg notabene belanda itu dulu dikenal sbg bangsa eropa terbodoh diantara bangsa2 eropa lainnya, jd kebayangkan bangsa yg bisa dijajahnya.. Yuk ah jgn jadi otak mati ๐Ÿ™‚

  61. Jibril says:

    @ Ibnu The Gorgom
    Liat benang merahnya bos ibnu…. semua peralatan elektronik (jaman sekarang) punya simpangan medan elektronis, baik itu online maupun offline.
    Simpangan bisa mempengaruhi perangkat elektronik penerbangan apa saja.
    Coba dilihat generalnya, jangan hanya satu2, hp saja misalnya & electronoc gadget lainnya diabaikan.
    keselamatan penerbangan tetap keselamatan penerbangan itu intinya.
    n selama gw ikut penerbangan lokal ( jawa & non-jawa) MAYORITAS penumpangnya memang berperilaku buruk untuk hal yg satu ini.
    jangankan after touch-down… baru approach mau landing saja hp dah pada aktif.
    bodoh kah ini ?
    atau anda sebagai salah satu pengikut mashab pengguna hp di pesawat ? trus jadi tersinggung karena artikel ini ada……
    berpikir jangan seperti celeng pak ibnu… hanya lurus & tidak bisa belak belok, apalagi manjat pohon untuk melihat keseluruhan….
    wasalam

  62. Linda says:

    Thanks Infonya yaaa…,..kadang Air Crew nya sdh berulangkali mengingatkan…. Eehhh malah marah-marah…yang lebih kagetnya lagi lebih galak dari petugasnya(Air Crew) yang mengingatkannya dgn ramah…padahal demi selamatan bersama juga….,saran saya jika ada yang melihat menggunakan HP di Cabin pesawat langsung info kepetugasnya (air crew) dan jika masih bandel..sesama penumpang wajib jg utk negur alias mengingatkan..karena dari pengalaman itu lebih kena……..GBU

  63. ricky says:

    Binatang!! Adalah sebutan buat org2 yang masih menyalakan hp di dalam pesawat!! Jangan sok jadi org penting!!

  64. putri andini says:

    Thx buat sharingnya,,, emg org indonesia bisanya nyalahin airlines kalo udah kejadian,tp tidak turut menjaga keselamatannya sendiri dan yg dia lakukan itu bs membahayakan nyawa org lain,,, udah tau bahaya tp masih aja dilakukan,,menyebalkaaaaan,,, pleasee tlg dijaga keselamatan qta bersama,, qta kan gk mau nyawa melayang karna hal kecil yg dilakukan org lain,,,amit_amittttt

  65. aha says:

    betul sekali informasi ini, saya pernah mengalami hal yang sama kebetulan penumpang yang Hp nya bunyi jaraknya tidak terlalu jauh jadi langsung saya tegur dengan nada yang agak keras dan saya pikir kita tidak usah takut atau ragu untuk menegurnya

  66. elvitria says:

    A very sharp analysis.. Nice. ๐Ÿ™‚

  67. denny says:

    terima kasih banyak infonya, memang masih banyak penumpang yang bandel yang tetap menghidupkan hp tanpa tau bahayanya, semoga pihak penerbangan bisa lebih tegas lagi mengenai hp ini
    ijin share di fb ya

  68. Ibnu The Gorgom says:

    @ Jibril :

    Mohon bisa dibaca sekali lagi tulisan saya sebelumnya. Justru saya nggak suka dengan menggeneralisir seperti itu, itu artinya saya bukan pengikut Mahzab yang pakai telpon di pesawat.

    Karena ngak semua orang pengikut mahzab pemakai HP di pesawat, kenapa semua rakyat Indonesia dibilang bodoh? Kalo seperti itu berarti anda, penulis, dan semua orang disini dibilang “bodoh nggak ketulungan”, padahal nggak semua ikut mahzab itu.

    Mungkin bahasanya bisa diperhalus jadi gini : “sebagian orang indonesia ini masih bodoh”.

    Demikian, Om.

  69. Ibnu The Gorgom says:

    Contohnya kalimat ini :

    “Rakyat kita ini memang High class..
    Handphonenya Mahal, Transportasi pake pesawat. Tapi bodohnya gak ketulungan.”

    Saya juga rakyat, Om…tapi HP saya low class, HP murah…tapi saya taat aturan tuh, gak pernah sama sekali pakai HP di pesawat…..jadi “Rakyat” yang mana yang ente omongin?

  70. nay says:

    info yang sangat berguna… numpang copy yaa,
    kenapa ya orang2 itu.. dikasih tau yang berguna malah ngeyel… dasar bodoh!!!

  71. frilla says:

    Akan sy sebarluaskan info ini

  72. Tulisan ini saya buat bulan Mei 2009 tapi hari ini tiba2 kebanjiran komentar..

    Terima kasih saya ucapkan buat yang komentar, entah yang pro maupun yang kontra. Mungkin juga ada yang lebih expert dalam hal ini.

    Tapi intinya sebenarnya adalah untuk keselamatan bersama, bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

    Dalam mambaca tulisan, perlu kita cermati dengan baik dan dengan pikiran positif agar tidak salah mengerti.

    Beberapa komentar mengatakan bahwa frekuensi hp dan pesawat berbeda, memang betul, tapi coba dibaca baik2 tulisan ini:

    “Orang Jerman ini menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi ini akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati.”

    Disitu ada kata apabila dan kebetulan. Yah sama saja dengan: apabila Anda menelpon dipesawat dan kebetulan frekuaensinya ngak mengganggu, maka Anda akan dengan bangga mengatakan bahwa informasi ini tidak benar. Tapi bagaimana kalau kebetulan frekuensinya sama dan mengganggu pesawat lalu jatuh, maka bukankah Anda tidak punya kesempatan lagi untuk menulis di blog ini bahwa informasi ini benar? ๐Ÿ™‚

    Jadi intinya, marilah kita sama-sama lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan ada lagi perdebatan, bagi yang pro terima kasih dan bagi yang kontra anggap saja informasi ini bukan untuk Anda ๐Ÿ™‚

    Semoga kita bisa lebih bijak lagi ๐Ÿ™‚

  73. aiai says:

    Memang di indo org2nya kurang tanggap, kadang2 saya miris liatnya, hanya karna 1 org, mencelakai yg lain…kesadaran yg sangat minim, gimana mo masuk dunia digital????

  74. shanie says:

    Thx for ur information.mohon agar d sebarkan sbnyak2nya.. Walaupun sdh ada peraturannya.. Msih banyak orang2 yg ngga ngerti apa guna dari mematikan ponsel pada saat pnerbangan..

  75. Sharma says:

    Imformasi yang sangat bagus dan edukatif.

  76. rudy tan says:

    SETUJUUU..! Saya sering bepergian dgn pesawat..banyak sekali org yg tidak mematikan hp..saya ga tahan dan tegur…kadang ditegurpun suka lawan..mrk tidak mau hidup lg ya? Jgn ngajak2 donk! Spt pswt baru injak kaki dilandasan,eh seat belt & hp udah dibuka.. Bahaya bgt.. Kalau tiba2 berhenti…saran buat maskapai penerbangan…kasih liat video dan tegas,kalau perlu sita dan cek agar mrk tau kebenarannya selain via broadcast messg ini..kdg org2tua yg ga ngerti matiinnya..well, Guys Walau saya percaya Tuhan pasti menjaga anak2Nya…Tapi bnyk orang2 yg ga sadar dan meremehkan dan tkesan mencobaiNya.. Menantang… Tidak takut pd alam ketinggian…jika Tuhan sayang pada anda… Mengapa anda ga sayang pada dirimu sendiri…minimal pikirkanlah orang2 disekelilingmu… Thanks buat info ini… Pasti saya broadcast kan… Gbu

  77. someone says:

    Wahhh.. Serem jg niy.. Sya jd merasa bersalah niy.. Sya crita sdkt ya..

    Sya punya satu klien, yg bekerja pada salah satu maskapai penerbangan di indonesia. Dan kebetulan dia bkrja pd divisi flight attendant. Suatu wkt sya mencoba menghubungi dia krn ada yg perlu sya bicarakan. Ponsel nya sya hub dlm keadaan aktif tp tdk ada jawaban. Kemudian sya coba utk menghub lwt sms, dan diapun membalas. Lalu be2rapa saat kemudian sya coba utk tlp lg krn sya pikir sya perlu menyampaikan nya lwt tlp. Tp dia tdk menjwb nya lg. Lalu tdk lama kemudian klien sya tsb mengirim sms ke sya, yg isinya krg lbh: “mohon maaf pak, mhon disampaikan lwt sms aja ya pak, krn sya lg terbang.”

    Silahkan anda simpulka.. Kecelakaan pesawat yg sering terjadi di indonesia ini disebabkan oleh apa, krn kesalahan teknis atokah human error????

  78. evo says:

    Thanks ya infonya…
    aku setuju banget dan aku berharap informasi ini bisa sangat bermanfaat bagi kita semua.(^_^)

  79. someone says:

    Wahh.. Serem jg niy.. Sya jd merasa bersalah niy.. Sya crita sdkt ya..

    Sya punya satu klien, yg bekerja pada salah satu maskapai penerbangan di indonesia. Dan kebetulan dia bkrja pd divisi flight attendant. Suatu wkt sya mencoba menghubungi dia krn ada yg perlu sya bicarakan. Ponsel nya sya hub dlm keadaan aktif tp tdk ada jawaban. Kemudian sya coba utk menghub lwt sms, dan diapun membalas. Lalu be2rapa saat kemudian sya coba utk tlp lg krn sya pikir sya perlu menyampaikan nya lwt tlp. Tp dia tdk menjwb nya lg. Lalu tdk lama kemudian klien sya tsb mengirim sms ke sya, yg isinya krg lbh: “mohon maaf pak, mhon disampaikan lwt sms aja ya pak, krn sya lg terbang.”

    Silahkan anda simpulka.. Kecelakaan pesawat yg sering terjadi di indonesia ini disebabkan oleh apa, krn kesalahan teknis atokah human error????

  80. someone says:

    RWahh.. Serem jg niy.. Sya jd merasa bersalah niy.. Sya crita sdkt ya..

    Sya punya satu klien, yg bekerja pada salah satu maskapai penerbangan di indonesia. Dan kebetulan dia bkrja pd divisi flight attendant. Suatu wkt sya mencoba menghubungi dia krn ada yg perlu sya bicarakan. Ponsel nya sya hub dlm keadaan aktif tp tdk ada jawaban. Kemudian sya coba utk menghub lwt sms, dan diapun membalas. Lalu be2rapa saat kemudian sya coba utk tlp lg krn sya pikir sya perlu menyampaikan nya lwt tlp. Tp dia tdk menjwb nya lg. Lalu tdk lama kemudian klien sya tsb mengirim sms ke sya, yg isinya: “mohon maaf pak, mhon disampaikan lwt sms aja ya pak, krn sya lg terbang.”

    Silahkan anda simpulkan.. Kecelakaan pesawat yg sering terjadi di indonesia ini disebabkan oleh apa, krn kesalahan teknis ataukah human error????

  81. Yuki says:

    Nga semua yang nga mematikan HP tidak melakukannya karena mereka tidak mau. Saya pernah bertemu pria separuh baya yang nga tau cara matiin HP dan sepertinya malu bertanya… Jadi kalau ketemu yang seperti itu ya tegur saja atau tanya ๐Ÿ™‚

  82. Daniel says:

    Kalau memang ponsel dan alat elektronik lainnya begitu berbahaya untuk kelancaran penerbangan kenapa ngak ditahan aj smua tool’s itu.
    Ini seperti membiarkan seseorang membawa “Time Bomb k pesawat, saya pikir hasil analisa penyebab ponsel atas kecelakaan harus d.liat lebih jauh.
    Tapi setuju kelakuan kita emang senangnya melanggar aturan.

  83. jaro says:

    info yang sangat bermanfaat..
    walau aneh juga info yang penting ini, malah dijadikan “ibnu” tersinggung..
    gan.. kalo emang gak merasa sebagai orang bodoh, jangan lah sampai membuat perkataan yang membuktikan anda itu bodoh..!!!
    tujuan artikel ini baik, yaaah.. mungkin hanya orang cerdas yang bisa memahami , tanpa ada sensitif, dan negatif thingking..
    hanya masukan yah.. bukan sebagai bahan perdebatan..
    Romy Steven, TQ n Godbless..

  84. oscar says:

    Penting bgt nih info nya, thanks. Tp kalo menurut gw, hal tsb terjadi ya kr minim nya informasi di masyarakat, seberapa vital nya penggunaan hp dan brg2 elektronik lain nya di dlm pesawat. Mgkn selain pemberian informasi bahaya penggunaan elektronik di pesawat, bisa jg di sertai cerita kejadian2 yg terjadi akibat ketdk patuhan thd peraturan, kasi liat foto2 nyata nya jg tuh, scr org kita agak susah nyerna kalo cuma lisan, hrs ada gambar yg bisa di liat pake mata nye.. Cara lain, sewkt cek in, semua brg elektronik di kumpulkan oleh pihak pesawat, di bantu oleh petugas bandara. Ga mw kumpulin? Perlakukan sama spt penyeludup narkotika, kr scr ga lgs org tsb membahayakan hidup org lain. Gampang dehhhhh…

  85. lisa says:

    hi thanks for the info yah..

    boleh yah aku share informasinya ke yang lain..

    really realy informative…and scaryyy booo…

  86. Dewi says:

    Nice info.. Memang banyak banget org indonesia yg kurang aware thdp pentingnya mematikan hp dlm pesawat, tdk bs disalahkan sepenuhnya kpd penumpang krn kurangnya informasi dan sosialisasi dr maskapai penerbangan itu sndiri mengenai detail bahaya yg bs dsebabkan o/ gangguan sinyal hp. Kan yg naik pesawat bukannya dr gol menengah ke atas saja, melainkan dr semua gol… Have a nice flight ๐Ÿ˜€

  87. Julio says:

    Semoga info ini tdk disalah gunakan oleh orang orang yg dengan sengaja ingin menjatuhkan sebuah pesawat ketika sedang di udara. Suatu alat yg sangat simple bisa dirakit kembali menjadi mematikan.

  88. adi says:

    Pak Romy,,,,,dua jempol untuk anda !!!

    Info yang sangat BERMANFAAT buat keselamatan bersama !!!
    bagi yang gak mau matiin hp saat terbang ” MATI AJA LOE “

  89. boim says:

    Ada satu kasus lagi yang menjadi suspect kegagalan system pesawat karena alat elektronik. Laptop yang tanpa kita sadari akan automatically mencari wifi waktu kita hidupkan. Ada beberapa airline yang memberikan laporan, system pesawat terganggu karena ada beberapa pax nya menghidupkan lapto (laptop tidak dilarang) dengan wifi mode still on. Moral of story, please ikuti apa kata awak pesawat meski hal itu terlihat amat sepele apalagi untuk orang merasa naik pesawat sebagai hal yang amat biasa…

  90. kudz says:

    …Good article,,,sangat setuju…dn buat yg kontra,,kita sma2 tahu klo menghidupkan HP onboard sangat dlarang. Jdi buat apa lagi dprdebatkan??..jelas2 klo mau dtanya ama sluruh maskapai ato flight attendant mereka pasti stuju. Emamg yg kontra itu taw apa sich soal navigasi ama sistem pnerbngan??..trus kita juga hrus mngakui klo org2 Indonesia krang peduli akan hal ini…maw taw knapa cntoh2 diatas bnyak yg di luar negri??…karna TUHAN msih sayang ama orang Indonesia,,taw gak loe!!!..jdi jgn sampe Tuhan marah,trus kejadian itu mulai terjadi di penerbangan kita..yang baik Maskapai,pesawat,ato sistem manajemennya…hhmmm **** jwb sdri dech,,Gbu

  91. mr.Kay says:

    Wah, mas…nih artikel emang perlu disebarluaskan…tapi untuk realisasinya emang susah banget…aku jg pernah ngalami hal yang sama (pada saat pesawat take off), menemukan orang berseragam di dalam pesawat yang online dengan blackberrynya…ditegur sm pramugari, tahu gak jawabnya apa?..gini nih jawabnya,”kamu gak tahu saya siapa ya?”…wah ternyata tuh…dia salah satu pejabat di dishubud…gileeeeee…
    Nah, ada lagi tuh….orang berseragam juga (ini lebih lengkap…dengan pangkat dan satuan komandonya), tapi wataknya…ya ampunnnnn… udah ditegur sama crew, sama juga tuh jawabannya, terus pakai tambahan,”kalo di kapal gak apa-apa…”…. konyol banget ya…. ya spontan aja kita-kita ikut negur beliau yang katanya seorang dokter di navy….eh dia ngancem…”kamu belom pernah saya ‘dor’ ya …”. hahaha….lucu banget deh pokoknya pd waktu itu…
    Tapi gitulah, mas…malah seharusnya orang yang bisa kasih contoh yang baik, tapi malah sok arogan…seharusnya dia sadar…hanya karena dia, bisa-bisa nyawa puluhan bahkan ratusan orang bisa melayang…
    Huh…apa penerbangan komersil di Indonesia nih perlu diterapkan penitipan ponsel, laptop, dan elektronik lainnya pd saat masuk pesawat?? jadi peralatan tersebut di matikan/ dicabut baterenya oleh crew…dan dikembalikan pada saat keluar dari pesawat….apa perlu kayak gitu??? repot juga deh…bisa tertukar ponsel….

  92. titiek says:

    Wah, mas…nih artikel emang perlu disebarluaskan…tapi untuk realisasinya emang susah banget…aku jg pernah ngalami hal yang sama (pada saat pesawat take off), menemukan orang berseragam di dalam pesawat yang online dengan blackberrynya…ditegur sm pramugari, tahu gak jawabnya apa?..gini nih jawabnya,”kamu gak tahu saya siapa ya?”…wah ternyata tuh…dia salah satu pejabat di dishubud…gileeeeee…
    Nah, ada lagi tuh….orang berseragam juga (ini lebih lengkap…dengan pangkat dan satuan komandonya), tapi wataknya…ya ampunnnnn… udah ditegur sama crew, sama juga tuh jawabannya, terus pakai tambahan,”kalo di kapal gak apa-apa…”…. konyol banget ya…. ya spontan aja kita-kita ikut negur beliau yang katanya seorang dokter di navy….eh dia ngancem…”kamu belom pernah saya ‘dor’ ya …”. hahaha….lucu banget deh pokoknya pd waktu itu…
    Tapi gitulah, mas…malah seharusnya orang yang bisa kasih contoh yang baik, tapi malah sok arogan…seharusnya dia sadar…hanya karena dia, bisa-bisa nyawa puluhan bahkan ratusan orang bisa melayang…
    Huh…apa penerbangan komersil di Indonesia nih perlu diterapkan penitipan ponsel, laptop, dan elektronik lainnya pd saat masuk pesawat?? jadi peralatan tersebut di matikan/ dicabut baterenya oleh crew…dan dikembalikan pada saat keluar dari pesawat….apa perlu kayak gitu??? repot juga deh…bisa tertukar ponsel….

  93. yati says:

    banyak duit, punya henpon mahal, naik garuda, memang bukan jaminan punya pengetahuan dan kepedulian yang tinggi. terlalu sering saya kesel dengan pengalaman gini, pesawat belum mendarat udah sibuk halo-halo.

    yaelah, semua orang juga sibuk, semua orang juga punya hp, tapi bisa ga sih nahan diri untuk ga pake hp dua jam aja paling lama?
    bener2 dah…

  94. Neutral says:

    Today, airlines may let passengers use newer-model cell phones in whatโ€™s called “airplane” mode, which essentially disables the transmission function so they can’t make calls. This mode lets users do other things, such as play games, check an address or look at the phoneโ€™s calendar. FAA guidance does let airlines allow cell phone calls once the plane has landed and is taxiing to the gate.

    Dari tulisan di atas yang saya kutip dari site FAA dapat kita terjemahkan bahwa penggunaan HP dalam pesawat hanya diperbolehkan apabila HP dalam modus “offline/flight mode/airplane mode” dan sejenisnya yang menonaktifkan fungsi transmisi sinyal HP.

    Pada baris terakhir FAA juga menyatakan bahwa mereka mengijinkan panggilan menggunakan HP SETELAH pesawat mendarat DAN sedang taxiing menuju Gate (jadi BUKANNYA begitu roda pesawat menyentuh landasan langsung boleh mengaktifkan sinyal HP), tapi juga tidak disebutkan HARUS tunggu sampai berada dalam terminal.

    Di sini saya tidak pro ataupun kontra, juga tidak berusaha menyudutkan/menjatuhkan/menyalahkan pihak-pihak tertentu. Saya hanya mencoba menyampaikan informasi yang saya baca dari site FAA yang tugasnya bertanggung jawab terhadap keselamatan, keamanan penerbangan sipil yang menurut saya tentu lebih tahu mengenai hal-hal yang berhubungan dengan keselamatan dan keamanan penerbangan.

    Mencegah lebih baik daripada mengobati, benar untuk kasus tertentu tapi tidak untuk general. Apakah perlu membangun rumah tahan gempa di daerah yang jelas-jelas terbukti baik secara ilmiah maupun sejarah bahwa daerah tersebut tidak berada di jalur gempa?

    Untuk kedepannya alangkah lebih baik bila kita semua MENCEGAH dengan bisa dan mau menyaring informasi yang masuk, mengecek kebenarannya ke pihak yang lebih tahu dan kompeten sebelum memutuskan pro maupun kontra, sebelum saling menyerang statement satu sama lain yang belum tentu benar atau salah DARIPADA MENGOBATI perasaan orang yang kita lukai dengan perkataan dan tindakan kita yang berdasarkan informasi yang belum tentu benar dan akurat.

    Seperti yang kita ketahui seringnya suatu masalah yang seharusnya tidak ada tapi timbul karena kesalahpahaman, salah informasi, dll.

    Saya percaya bahwa rekan-rekan yang menulis komentar di sini adalah orang-orang yang peduli terhadap kemajuan bersama, keselamatan bersama sebagai rakyat Indonesia dan sebagai manusia yang tentunya tidak melihat bangsa, suku, ras, warna kulit, gender, dll.

    Mari kita-kita yang di sini memulai dari diri kita sendiri untuk lebih sabar, melihat/menanggapi suatu masalah dengan kepala dingin, kata-kata dan tindakan yang lebih halus, santun (bukankah orangtua selalu mengajarkan itu), TULARKAN sikap itu kepada orang di sekitar kita dan minta mereka melakukan hal yang sama. Akan rugikah kita bila melakukan semua itu?

    Kepada rekan-rekan yang tersinggung atau tidak suka dengan tulisan saya, saya mohon maaf. Percayalah tidak ada niat sedikitpun untuk menyinggung atau melukai perasaan Anda sebagai manusia. Apalagi faktanya saya tidak kenal Anda yang tentunya tidak ada alasan bagi saya untuk menyerang Anda.

    Sorry OOT, back to topic, untuk lebih jelas silahkan klik link berikut:
    Cell Phones, Wi-Fi and Portable Electronics on Airplanes

    Salam Damai

  95. Neutral says:

    Maaf link di atas tidak berfungsi, silahkan cek alamat di bawah ini:
    http://www.faa.gov/news/fact_sheets/news_story.cfm?newsid=6275

  96. van says:

    Duhh apa susahnya se tinggal matiin hp & gadget2 laennya..inikan demi kepentingan & keslamatan bersama..kl psawatnya jatuh kn kita jg yg rugi..

  97. nugraha says:

    Maaf,tapi kok banyak comment cuma menjelekan orang indonesia saja ya?sesuai pengalaman saya,bukan hanya orang indonesia saja yang kaya begitu,pengalaman sy dalam penerbangan domestik saja,ada seorang bule yg menyalakan notebooknya diatas pesawat.nah,jadi tolong jangan cuma menjelekan bangsa sendiri,masalah ini tergantung individunya.dan kalo hp anda tersedia airplane mode,menurut saya tidak perlu di off hp anda.cukup airplane mode nya on.jadi kita msh bisa menikmati perjalanan dengan musik.

  98. nugraha says:

    SAYA SETUJU DENGAN KESELAMATAN.TAPI SAYA TIDAK SETUJU DENGAN KOMENTAR-KOMENTAR YANG MEMBAWA-BAWA BANGSA INDONESIA..SAYA MULAI BERTANYA,YANG NULIS COMMENT ITU ORANG INDONESIA ATAU BUKAN YA?JADI TIDAK USAH BAWA-BAWA BANGSA UNTUK URUSAN SEPERTI INI..LUCU JUGA YA, BERBICARA SEPERTI ITU,PADAHAL YANG NULIS COMMENT KATANYA ORANG INDONESIA? JADI BUKAN ORANG INDONESIANYA YANG SALAH, TAPI LEBIH KEPADA INDIVIDUNYA…TERIMA KASIH, MOHON DIMENGERTI DENGAN BIJAK

  99. helen says:

    ayolah….
    yg nulis artikel ini mgk salah kutip shg hp or alat2 elektronik lain jd terkesan begitu mengerikan. Menggganggu, ya. tp tdk berefek hebat spt itu. spt kata sdr…. (sorry, lupa), kalo mmg membawa bahaya besar pst lah dah dilarang dibawa dlm pesawat.

    tp jujur aja…
    kalo naik pesawat di indo ini, duh….
    mmg selalu kedengaran bunyi2 hp, saat mao take off atopun landing.. “hallo say..say..Sayy…(sayur busuk lah!) aku berangkat ya..” dan itu mmg bodoh! ga usah tersinggung!

    Anda bisa membandingkannya dengan naik pesawat yg penumpang bangsa indo nya cuman Anda doank…. Beda, Om. (kecuali ente lah si biang kerok yg make hp..nah, itu mah lain ceritanya)

    faktanya mmg gitu, jadi napa hrs tersinggung? kalo ada org lain yg bukan bangsa Indo naik pesawat indo, pst pikirannya , ” Buset, ini bangsa indonesia gila ”

    gak usah memaksa si doi utk mengganti pikirannya dgn ” buset, ini SEBAGIAN INDIVIDU indonesia mmg gila..”.

    Lagian, yg nulis info ini niatnya baek kok.

  100. Patricia says:

    thx for info
    sy jg kadang suka kesel
    kalau baru aja roda menyentuh tanah tau2 uda ada bunyi notification HP
    sabar sedikit jg uda bebas berkomunikasi dan bebas bahaya (ini yg paling penting!!!)
    semua org di dlm pesawat juga kan butuh ngabarin org yg mau jemput di bandara bahwa pesawat uda landing.

    Semoga org2 tersebut sadar, betapa beresikonya perbuatan mereka terhadap nyawa kita-kita
    GBU

  101. anto says:

    Info yg bagus, cuma ada beberapa kata2 yg kurang pas, seperti “bodohnya ga ketulungan” sebenarnya ga gitu, permasalahanya, apakah semua masyarakat kita sudah tau bahaya HP bila on dipesawat? Rasanya masyarakat kita sudah tau, tp krn belum paham dan belum tau knp bisa dilarang hp on di pesawat sehingga beberapa orang masih ga peduli akan hal itu

  102. trisss says:

    Alaaah… Gombal… Mestinya para maskapai ngasih tau yang lebih “KERAS” dong. Kalau perlu kasih sweeping HP sblm masuk pesawat. Buktinya nggak tuh. Biarpun banyak kasus yang diduga kayak gitu. Masak maskapai mempertaruhkan NYAWA orang dg tdk bertindak tegas gitu? Harusnya Maskapai dong yang ditindak oleh Pemerintah? Ato pemerintahnya juga cuek dan masa bodoh?

  103. rudyT says:

    Buat ibnu… Kalau om tidak merasa sbg org yg pakai hp dipesawat lah kok sewot?? Ya udahlah ya…?!!!?

  104. rudytan says:

    Mr ibnu…jika anda bilang anda sbg org yg patuh dan tdk memakai hp dipesawat..lalu utk apa anda sewot?? Seakan2 anda merasa bhw anda sbg tertuduh? Wkt saya baca artikel ini kesan pertama yg saya dpt adalah edukatif dan positive.. Serta sadar dgn kondisi karakter bangsa ini..jd yah terima masukkan utk menjadi lbh baik… Jgn tersinggung krn bukan anda atau kita yg dituduh sang penulis…
    Saya setuju dgn elisabeth dan romy dan yg lainnya yg memperhatikan keselamatan dalam penerbangan… Pesan ini bernilai positive dan edukatif… So,dihargai.. Bukannya malah menyalahkan dan memperdebatkan…yg benar ini atau itu… Masing2 org punya pdapat..tp terlepas dr pendapat dan teknologi canggih… Disini Alam juga punya kuasa… Coba bayangkan kalau diatas pesawat tiba2 ada kilat,guntur,hujan deras… Sinyal elektronik tsb bisa mhantar kita pd kilat tsb.. Bayangkan anda gak mau kan diatas pesawat disambar petir.. Atau anda ga bisa ditegur oleh org sekitar dan jgn sampai ditegur ama kilat..baru sadar… Sudah telat om. Sama halnya spt pom bensin tdk boleh mggunakan hp…jgnkan pesawat… Kalau anda pakai hp lama ditelinga daerah kepala anda dan otak anda bisa terkena radiasi tingkat tinggi dan lama kelamaan bisa mpengaruhi bnyk hal,, misalnya anda mgalami gangguan otak krn radiasinya yg tinggi, otak terkadang “korslet”, kuping kadang ga jelas dan suka berdengung.. Jika hp anda taruh di kantung baju didada..lama kelamaan bisa mempengaruhi fungsi detak jantung.. Banyak lg efek lainnya yg terkadang memang hal kecil hingga kita tdk “ngeh”sadar akan hal ini… Bnyk hal kecil jd masalah besar.. Jadi cobalah menjadi org yg bijak utk mendewasakan diri anda… Dgn belajar dr hal kecil demi menjaga kepentingan masyarakat banyak,.. Guys.. Upgrade diri anda to be a better man…krn kita diciptakan lebih tinggi derahatnya dr makhluk lain.. Bebek aja ngantri… Memang banyak dipesawat org berebutan turun… Padahal mrk jelas2 tau nanti juga pasti turun… Brg dibagasipun belum sampe..budayakan diri kita.. Belajar dr manner org2 diluar yg tertib… Mencontoh yg positive terlepas mrk org luar negeri atau bukan…tertiblah berkendara dan membawa diri anda dlm bersosialisasi..realita yg ada memang bnyk org2 di indonesia yg masih belum tertib dan berperilaku preman/seenaknya…saran kpd pemerintah(misal: mikrolet ,kendaraan umum berhenti ditengah jln) atau maskapai penerbangan utk mentertibkan dgn tegas peraturan keselamatan yg berlaku…(Info dr linda/sy lupa:saudarinya pramugari dan pake hp dipesawat..itu sama aja tdk memberikan cth baik..ini dia bnyk aparat pemimpin yg tidak menjd teladan..kudu ditertibkan juga..) Perubahan bukanlah perubahan jika dr diri
    kita tidak memulainya terlbih dahulu, dan jgn mharapkan orglain berubah terlebih dulu… Tp tunjukkanlah pd mrk..contoh yg baik..semoga bangsa indonesia bisa semakin maju…

  105. anto says:

    Okelah kalo begitu, mari kita sama2 untuk saling mengingatkan bila naek pesawat, bahwa hp harus dan wajib mati, sehingga kita bisa bantu awak pesawat juga, dan yg penting adalah sama2 bagaimana perjalan dipesawat jd aman dan selamat sampai tujuan

  106. Ibnu The Gorgom says:

    @Nugraha : sepakat. Yang bego sebagian kecil, yang dimaki rakyat se-Indonesia, termasuk si Penulis memaki dirinya sendiri ^_^

  107. Asrianto says:

    Nice info…bro.

    Ini hari pertama aku baca artikel ini..and begitu banyak commentnya…bener juga ada yang pro and kontra ya…

    Sekedar renungan ya …bayangkan bila suatu saat kita tidak memiliki cermin lalu bagaimana kita akan tahu bahwa ada kotoran di wajah kita…mungkin bila ada rekan kita yang memberitahukannya kita akan mengetahuinya..tapi bila saat itu tidak ada siapa2 yang membetitahukan kita..bagaimana…

    Kita akan dengan santainya pergi ke luar rumah..dan mungkin kita akan heran begitu banyak orang menatap kita dengan heran, senyum2, atau menertawakan…

    Barulah kita bertanya, apa ada yang salah dengan diri kita..? Bersyukur bila ada orang lain yang sudi bicara dengan kita..

    Karena bila kita manusia yang punya rasa solidarisme dengan sesama ..kita akan menegur bila ada yang salah dengan diri orang lain..bukan karena sok pahlawan..tapi karena kita juga tahu kita butuh orang lain tuk melihat diri kita.

    Tidak ada manusia yang lebih baik dari yang lain…saling mengingatkan itulah cara kita hidup di dunia ini.

    Terima kasih tuk penulis yang sudah mengingatkan kita, dengan caranya sendiri yang kebetulan dianggap salah menurut segelintir orang..karena bayangkan….. bila dia harus menulis dengan banyak cara untuk mengikuti setiap kemauan atau penerimaan setiap orang yang jelas berbeda??? Wah..mau berapa ribu kalimat yang harus dia tulis…..

    Maaf juga bila tulisan ini menyinggung sebagian kalian karena bukan itu maksudku…tapi bila tidak bisa ditegur oleh manusia lain lagi..mungkin pada akhirnya…Tuhan yang akan melakukannya…

    Terima kasih…

  108. Lena says:

    saya juga sering was was dan kesal kalau denger suara hp di pesawat.
    saya selalu ngomong dalam hati, bagaimana kalau para pramugari / pramugara itu lebih sering dan lebih tegas lagi memperingati para penumpang.
    umpamanya pada saat pesawat sudah touch down, barangkali bisa di announce lagi dengan pengeras suarannya agar penumpang jangan menghidupkan hp sampai penumpang tiba di dalam airport.
    karena meskipun pesawat yg ditumpangi sudah bener2 berhenti, tapi apakah sinyal hp kita bisa mengacaukan pesawat lain disekitarnya?
    tks.

  109. nuris says:

    Sy punya pengalaman wkt naik haji. Travel sy rutenya lewat singapura trus ke jeddah. Nah pas saat duduk dipesawat SQ(sambil menunggu semua penumpang naik) hp belum sy matikan,sy masih sempat sms. Saat itulah seorang pramugari ngomel2 melihat sy, yg sy juga gak ngerti artinya apa. Tp yg jelas minta hp dimatikan. Terus terang sy sangat salut krn tegasnya awak dari pesawat SQ. Sy bandingkan dgn awak airlines indonesia yg tdk pernah menegur kalo melihat penumpang msh menyalakan hp. O iya saking takutnya, sy skrg kalo naik pesawat. Bukan dimatiin aja tp malah baterainya sy lepas. Takut ga sengaja ke pencet trus aktif hpnya.

  110. fandi says:

    Thx atas infonya..Benar tidaknya informasi ini tidak ada salahnya untuk dipikir secara kritis.Gak ada salahnya klo kita anggap informasi ini bnr,karna tujuannya baik.

  111. Sebastian Enrico says:

    Seharusnya, pihak airline di indonesia harus bersikap tegas terhadap penggunaan ponsel sebelum pesawat take off. Jika perlu demi keselamatan penumpang ada baiknya di terapkan sistem penitipan ponsel kepada pihak penerbangan, yg dimana ponsel di aman kan petugas penerbangan dan dapat di ambil kembali setelah landing. kemudian sistem ini perlu di terapkan UU, untuk mencegah terjadinya kehilangan barang2. trims.

  112. De Klevonzs says:

    Moga para petinggi negara kita juga baca & peduli, sehingga bisa menindak “orang-orang yg pintar” tapi bodoh tersebut dengan hukuman yg setimpal. Kayaknya perlu dibuat deh regulasinya (legal formal). Mang gw g tau sih, hukumannya dah ad lom bagi orang2 macam tu.. Thx f/ best info..

  113. profdre says:

    Saya setuju dengan yg mendukung artikel ini. Artikel ini sangat edukatif dan positif. Tidak ada maksud jelek.
    Yang saya heran,kenapa masih ada juga org2 yg sangat sensitif dan mudah tersinggung.
    Sy juga org indonesia,rakyat indonesia, tp sy tdk tersinggung apapun,krn bukan itu yg saya lihat. Yg seharusnya dilihat adalah ttg nilai keselamatan di artikel ini.
    Tp disamping itu, sy juga merasa memang org indonesia masih terbelakang,masih kurang pendidikan dibandingkan negara2 maju.
    Thx utk infonya.
    Semoga org yg kontra sadar.

  114. wilmar says:

    Yah intinya org indonesia susah sekali dikasihtau. Harus ada sanksi lsg berupa denda yg hrs dibyr apabila ketauan msh pake hp slm dipswt. Kadang org yg pendidikannya tinggi pun masih melanggar. Jd kasih aja sanksi lsg,kalau tdk lsg laporin polisi jd begitu landing lsg dijmpt sekuriti bandara krn itu termasuk tindakan sengaja utk melanggar peraturan yg menyangkut keselamatan penerbangan. Bagi rekan2 yg kontra apapun alasannya mematikan hp dipswt adalah aturan pengaruh maupun tdk pengaruh thdp pnrbgan itu sendiri. Jadi semua WAJIB mematikan hp.

  115. dixdi says:

    sebenarnya gw suka artikelnya, pi ga bs juga disalahkan penumpang itu sndri. klo pilot dan co pilotnya ga concent juga bs mengakibatkan pesawat itu jatuh… dalam artian jam terbang pilot tsb udh samai dmana, udah sejauh apa. bener ga? satu lagi, tuk intelektual, atopun orang2 pinter yang menciptakan pesawat ” knapa ga dibuatin aja tuh, sensor ato alarm buat mendeteksi apakah handphone ato [email protected] elekrtonik yang masih aktif” jadi ini bisa dilacak dan langsung diberi sanksi buat yang masih menyalakan Hp atopun apa aja. dan ini salah satu cara tuk mengurangi kecelakaan penerbangan.ga bermaksud tuk mengajari ya, smoga ini bermanfaat ya. thx

  116. Billy Janis Baker says:

    Salute 4 U Bro..!!!
    I’m Pro Romy…

    JB

  117. darset says:

    salut sama guru-guru smada. ๐Ÿ™‚

  118. rina says:

    @ mas ibnu dan yg lain2nya yang tersinggung dengan nama bangsa indonesia di bawa2…

    saya ampe geleng2 baca komentar dari mas. saya juga orang indonesia, tapi TIDAK merasa tersinggung sama sekali.

    yang diomongin ttg bahaya HP, lah ini kok impresinya jadi seperti nasionalisme yang berlebihan.

    ini komentar dari anda:
    “@Nugraha : sepakat. Yang bego sebagian kecil, yang dimaki rakyat se-Indonesia, termasuk si Penulis memaki dirinya sendiri ^_^”

    duhduh mass..please deh. Anda sudah tau pasti maksud dari penulis adalah orang yang menggunakan HP dalam pesawat. kalo logikanya jalan ya ngerti,, mbok ya nasionalisme itu disalurkan ditempat yang tepat! bukan untuk memojokkan seseorang..

    tulisan ini seharusnya memancing info2 dan pengalaman mengenai penggunaan HP didalam pesawat, bukan sentimen2 ga jelas.

    saya sebagai orang INDONESIA merasa kecewa bahwa masih ada orang INDONESIA yang mencintai INDONESIA dengan cara yang salah.

  119. what a funny country says:

    setujuuuuuuuuuuu………………………… masyarakat bisa beli hp tapi otak nggak bisa secanggih hp…………. hanya ada di negeri lucu dan ini bukan penghinaan tp cuman memaparkan kenyataan.

    degradasi kebudayaan…… negara lucu yg konon byk etiket dan peraturan dalam societynya malah skrg jadi negara yg tdk tahu ikut aturan…. hahahahahaha (yup bahkan aturan sesimpel matikan hp selama di dlm pesawat)

  120. Ketcat says:

    wahh..baru ketemu artikel ini, bagus dan sangat berguna.ternyata om ibnu the gorgom om ibnu the gorgom, kalo dibilang Indonesia ini bodohnya gak ketulungan itu benar berdasarkan fakta2 yg sudah diceritakan, hanya saja daya analisa om ibnu harus lebih dipush lagi kali ya untuk mengkaji maksd artikel sehingga harus tidak tersinggung, om ibnu gak pernah SMP ya? SD aja belajar tuh yg namanya gaya bahasa/majas, sinekdok pars prototo dan si nekdok totem proparte, dibilang indonesia yg bodohnya tidak ketulungan ya maksdnya yg sudah melanggar aturan itu pastinya, ibarat cerita ” A: siapa tuh yang suaranya ngobrol keras2? B: anak pak Amin!” nah padahal anak pak amin ada 6 yang ribut cuma 2 orang. gaya bahasa ini lumrah2 saja. om ibnu yg tidak mau mencerdasi bahasanya. maaf ya om, inget freedom of speech:))

  121. Wah, saya baru sempat membaca2 komentar yang masuk. Sayangnya masih ada juga beberapa orang yang “ngotot” walaupun “ngotot”nya tidak sesuai dengan esensi dari tulisan ini.

    Ada juga yang menjelaskan secara teknis bahkan menyebut latar belakangnya yang di bidang IT, tp sayangnya penjelasannya malah “memperbolehkan” penggunaan alat-alat elektronik di pesawat. Bukankah ini malah menambah orang-orang bodohnya Indonesia?

    Maaf, saya menggunakan kata bodoh buat orang yang “tidak mau tau” dan merasa dirinya paling benar. Jadi yang tersinggung ya silahkan ๐Ÿ™‚

    Memang alat-alat elektronik dibuat agar tidak mengganggu peralatan lain termasuk pesawat, akan tetapi alat-alat elektronik memiliki medan magnet yang bisa saja mempengaruhi peralatan lain jika kebetulan atau ada pemicu lainnya misalnya petir, badai matahari dll. Nah kalau keadaan “kebetulan” itu terjadi di handphone Anda pas di atas pesawat, maka saya yakin Anda tidak akan punya waktu lagi untuk berkomentar di tulisan saya ini ๐Ÿ™‚

    Makanya saya menyarankan, mari lebih baik kita mencegah daripada mengobati.

    Sayangnya kebanyakan fakta kecelakaan pesawat di Indonesia tidak terungkap jelas, sangat berbeda dengan luar negeri yang benar-benar mengungkapkan fakta penyebab kecelakaan pesawat sehingga rakyat mereka bisa menjadi cerdas.

    Sedikit saya share berita dari ABC News yang menunjukkan statistik dan fakta dari resiko penggunaan alat elektronik khususnya Handphone di pesawat. Berikut linknya, http://abcnews.go.com/Blotter/safe-cellphone-plane/story?id=13791569

    http://portal.paseban.com/article/1256/apakah-benar-ponsel-bisa-mengakibatkan-kecelakaan-pesawat

    Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

  122. huda says:

    saya orang IT dan saya paham permasalahan diatas.. maaf baru sempet baca artikel ini sekarang.. saya jelaskan secara global saja, bahwa barang elektronik dan teknologi tak terlepas dari masa penggunaan dan rentan dengan kerusakan, penyebabnya : human error, system error pernah terfikirkan tidak di benak kita bahwa ketika kita naik pesawat itu tingkat keamanan nya sangat kecil, contoh ketika terjadi eror pada satu sistem apa yg akan dilakukan? kalo naik mobil bakalan berenti ditengah jalan tp kalo pesawat? ingat sistem kendali pesawat cuma ada 2 : autopilot sama manual, dan semua berhubungan dengan sistem yg dikendalikan secara digital and analog, sebuah bohlam lampu aja bisa putus karena tegangan yang tinggi apalagi dengan sistem pesawat yang segitu banyaknya harus tetap terjaga selama penerbangan. emangnya ada montir pesawat yg lgsg benerin kerusakan di pesawat kalo lg rusak? balik lg kalo mobil bs berenti trus benerin kalo pesawat? oleh sebab itu lebih baik jadi org tidak tahu terus ngikuti aturan yg kita semua tahu ini benar dan ga salah, drpd jadi org yg tahu tapi sok benar dan merasa ga pernah salah hehe.. itu saja si silahkan diartikan sendiri ya smoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

  123. rabis says:

    buatkan denda yg besar pada saat kedapatan penumpang dipesawat hp dalam keadaan on….diperiksa secara acak…
    kalau tidak ada keseriusan dari maskapai penerbangan…kita tidak aman naik pesawat di negara ini….
    1.satu penumpang punya lebih dari satu hp
    2.kanan kiri saya dipesawat masih sibuk dgn hp
    3 cek beneran ada nggak pelampung dibawah kursi penumpang…..tks

  1. February 17, 2010

    Social comments and analytics for this post…

    This post was mentioned on Twitter by hdyrain0924: must read & let everyone know.. http://www.romystevenj.com/2009/05/anda-bisa-membuat-pesawat-jatuh/

  2. September 11, 2021

    … [Trackback]

    […] Information on that Topic: pakgururomy.com/2009/05/anda-bisa-membuat-pesawat-jatuh/ […]

  3. September 11, 2021

    … [Trackback]

    […] Here you will find 17001 more Info on that Topic: pakgururomy.com/2009/05/anda-bisa-membuat-pesawat-jatuh/ […]

Leave a Reply